Cara Memeriksa Jika Anda Membayar Pajak Penghasilan Terlalu Banyak

Banyak dari kita di Inggris dengan tarif pajak penghasilan yang relatif tinggi melihat slip gaji kita setiap bulan dan terkejut dengan betapa banyak yang telah dipotong untuk pajak penghasilan. Tentu saja, kami

memahami mengapa kami membayar pajak kami dan kami mendapat manfaat dari keuntungan sistem seperti itu:pendidikan sekolah negeri gratis, perpustakaan umum dan fasilitas olahraga, akses mudah ke 

perawatan kesehatan gratis. Namun kami tidak ingin membayar lebih dari yang seharusnya untuk manfaat ini.

Tapi bagaimana kita bisa memeriksa apakah kita membayar jumlah pajak yang tepat dari gaji yang kita peroleh dengan susah payah?

Di Inggris, setiap orang diberi kode pajak oleh otoritas pajak (HMRC) yang menunjukkan kepada pemberi kerja Anda berapa banyak pajak yang harus dikurangkan di sumber, jadi jika Anda membayar terlalu banyak pajak (atau menurut Anda mungkin demikian), kemungkinan besar penyebab kesalahan diberikan kode pajak yang salah. Jika Anda baru saja berganti pekerjaan, atau kembali dari bekerja di luar negeri, jika Anda memiliki lebih dari satu pekerjaan atau menerima tunjangan karyawan dari penasihat pajak anda pemberi kerja sebelumnya; ini semua adalah masalah yang dapat memengaruhi kode pajak Anda hingga merugikan Anda.

Seringkali HMRC tidak akan mengetahui perubahan tersebut sehingga tidak akan menyadari bahwa ada yang salah dengan kode pajak Anda, terutama jika Anda tidak diharuskan untuk menyelesaikan pengembalian pajak tahunan, yang biasanya akan mengungkap masalah seperti itu. Penyebab lain dari jumlah pemotongan pajak yang salah adalah alokasi kode sementara yang tidak pernah dikoreksi ke kode yang benar dan kode Anda salah menunjukkan bahwa Anda menerima manfaat dari majikan Anda seperti asuransi kesehatan swasta, keanggotaan gym, akomodasi gratis atau penggunaan dari mobil perusahaan.

Kode pajak bisa agak samar sehingga sulit untuk mengetahui dengan pasti apakah itu benar hanya pengurangan pajak bisnis dengan melihat detail slip gaji Anda tetapi tidak sulit untuk memeriksa kode Anda melalui situs web HMRC dan Anda dapat dengan mudah melakukannya sendiri. 

Jika Anda bekerja penuh waktu atau paruh waktu maka kode pajak Anda akan ditampilkan pada slip gaji mingguan atau bulanan Anda dan juga pada P60 tahunan Anda, yang menunjukkan jumlah total yang diperoleh dan total potongan pajak untuk tahun tersebut. Kode pajak Inggris biasanya terdiri dari dua atau tiga angka diikuti dengan huruf seperti 945L. Jika Anda memiliki lebih dari satu pekerjaan maka kode Anda mungkin berbeda, dalam hal ini aturan untuk menentukan kode pajak bisa berbeda.

Jika Anda pertama kali melihat nomornya, ini mewakili tunjangan bebas pajak tahunan Anda (jumlah yang dapat Anda peroleh sebelum Anda berkewajiban membayar pajak apa pun). Jadi dalam contoh 945L, siapa pun yang memiliki kode pajak tersebut dapat memperoleh £9.450 dalam satu tahun mana pun sebelum membayar pajak penghasilan apa pun. Surat tersebut merupakan indikasi jenis pajak yang harus dibayar setelah batas tercapai dan terkait dengan usia Anda dengan orang-orang di atas usia pensiun normal biasanya memiliki surat yang berbeda dengan mereka yang masih di bawah usia pensiun.

Jika Anda menduga Anda mungkin membayar terlalu banyak pajak, kunjungi situs web HMRC dan pertama-tama periksa tarif tunjangan bebas pajak saat ini karena ini adalah cara termudah untuk memeriksa kode Anda dengan cepat. Anda dapat menghubungi HMRC dan meminta penilaian pajak tetapi jika Anda mengenal seorang akuntan yang baik maka mintalah mereka untuk membantu Anda.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Peran Welder dalam Membangun Infrastruktur Modern

Mengenal Layanan Sewa Mobil Terpercaya di Pulau Lombok

Cara Mendaftar Akun PayPal ViaPayPal.Id